Gula-Gula Shodaqoh : part 2

Share Button

Fadhilah dan Keutamaan Shodaqoh

ثم مضى – قوله من جوف اليل  ص : 90

 

Lanjutan cerita……………..

 

Dia meletakkan tangganya dan mengambil 2 ekor anak bururng. Kira kira berumur 2 minggu dan belum bisa terbang. Induk burung hanya bisa melihat dan berkata dalam hati “Kenapa anakku diambil, padahal Allah telah berjanji akan memberikan keadilan atas perbuatan laki-laki tadi.” Dia pun berdoa kepada Alla “ Ya Allah, Engkau tidak akan mengingkari Janjimu Ya Allah. Dan Engkau telah berjanji, akan mematikan laki-laki ini bila dia kembali mengambil anakku ya Allah. Tapi mengapa Engkau tidak membunuhnya Ya Allah?.

Allah pun menjawab kepada induk burung “ Tidakkah kalian tahu, bahwa Aku tidak akan membunuh seseorang yang bershodaqoh pada hari dia bershodaqah, dengan kematian yang buruk. Karena shodaqoh yang dia lakukan, dia selamat dari musibah yang semestinya menimpanya.

KH. Ahmad Arif  mengingatkan untuk mengambil yang baik saja dari cerita tersebut, yakni kebaikan shodaqoh dan meninggalkan keburukan yakni mecuri. Meskipun pada akhirnya selamat dari musibah karena faedah dari shodaqoh. Beliau pun melanjutkan agar kita selalu menempuh jalan kebaikan, karena kebaikan akan menunjukkan ke jalan surga. Sebaliknya ketidakjujuran akan menunjukkan ke jalan neraka.

Diceritakan dari Wahab bin Munabbih.

Suatu ketika seorang wanita dari Bani Isroil berada di pantai. Dia mencuci beberapa baju, sedangkan anaknya merangkak di depannya. Tiba-tiba datang seorang pengemis. Dia memberikan sedikit roti yang telah akan dimakannya kepada pengemis. Tidak berselang lama datang seekor harimau dan menggigit anak perempuan tadi.

Dia pun lari mengejarnya dan beteriak “Anakku, anakku. Jangan dibawa. Jangan dimakan”.

Allah pun mengutus malaikat dan berkata, “Lepaskan anak itu dari mulut harimau. Kemudian kembalikan    kepada ibunya!”.

Malaikat berkata “Anak ini selamat dari gigitan sebab shodaqoh sepotong roti.”

Ada cerita lain. Ada seorang tukang laundry pada zaman Nabi Isa AS berbuat dzolim kepada manusia. Dia tidak jujur kepada para pelanggannya. Orang-orang pun meminta kepada Nabi Isa untuk mendoakan tukang laundry tadi agar mati. Nabi Isa pun mendoakannya. Suatu ketika pada sore hari, tukang laundry datang dengan memikul sebongkah kayu bakar. Orang-orang pun terkejut. Mengapa dia bisa selamat. Mereka pun sowan kepada Nabi Isa dan menanyakan hal tersebut. Nabi Isa kemudian mencari tukang Laundry tadi. Datanglah tukang laundry tadi dengan membawa bongkahan kayu bakarnya. Nabi isa memerintahkannya untuk membongkar kayu bakarnya. Ternyata di dalamnya ada ular yang sangat besar dan diikat dengan tali besi sehingga tidak bisa menggigit.

   Nabi Isa kemudian bertanya “ Kebaikan apa yang telah kamu perbuat pada hari ini?”

Tukang laundry menjawab “ aku tidak berbuat apa-apa. Hanya saja ada seorang pemuda keluar dari tempat ibadahnya dan mengadu akan laparnya. Aku pun memberinya roti yang aku miliki.

Nabi Isa menjawab “ Allah sebenarnya telah mengutus seekor ular untuk menggigitmu. Tapi ketika engkau bershodaqoh, Allah memerintahkan malaikat untuk mengikat ular. Sehingga engkau selamat dari gigitannya.’

Begitula sedikit cerita tentang keutamaan shodaqoh. Betapa Allah begitu merahmati hambanya yang bersedekah hingga apa yang telah ditakdirkan-Nya pun diubah karena keutamaan dari shodaqoh.

Penjelasan selanjutnya mengenai hadits ke-29

Pada hadist ini, Rosul menggunakan lafadz rojul. Karena biasanya yang meminta adalah laki-laki atau biasanya kebaikan dari orang laki-laki. Alasan lain karena kebanyakan penghuni neraka dalah wanita. Akan tetapi sebenarnya yang dimaksud adalah keseluruhan, laki-laki maupun perempuan.

Pada akhir pengjian KH. Ahmad Arif yahya mendoakan para keluarga para sahabat santri yang telah meninggal dunia agar diberi keselamatna dari siksa kubur.

Semoga para dewan masyayikh beserta kelurga tetap diberi kesehatan, sehingga kita selalu bisa mendapatkan ilmu hikmah dari beliau seklian.

متّعنا الله بطول حياتهم

 

 

 

Penulis : M. Ainur Rofiq

Comments

comments

Share Button

You may also like...