Alumni

Share Button

Selayang Pandang Alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda

 

Dengan segala Puja dan Puji kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat, Taufiq, dan Hidayah-Nya kepada kita semua, khususnya kepada para pengasuh, para asatidz, para santri dan alumnus PP. Miftahul Huda Gading Malang. Semoga ilmu yang dilimpahkan-Nya selalu bermanfaat bagi seluruh santri dan ummat Islam. Aamiin Yaa Robbal’ alamin.

Sholawat berserta Salam semoga selalu tercurahkan kepada Junjungan Nabi besar Muhammad saw. berkat perjuangan belian kita dapat merasakan manisnya Iman dan Islam. Shollu ‘alannabiiy.

Adalah sebagai santri, khususnya alumnus PP. Miftahul Huda berkewajiban untuk mengamalkan ilmunya serta menjaga hubungan kekeluargaan antara alumni dengan santri, alumni dengan pengasuh/masyayikh dan antara alumni dengan alumni untuk meneruskan perjuangan para ulama’ dan para masyayikh PP. Miftahul Huda khususnya.

Untuk mencapai itu, dipandang perlu adanya wadah organisasi yang dapat menghimpun, mengingat dan menjalin para alumni PP. Miftahul Huda secara terarah dan terkoordinir sehingga dapat mencapai tujuan dan menampung aspirasi dengan segala kepentingannya.

Maka dengan Taufiq, Hidayah serta Ridho Allah SWT dibuatlah wadah organisasi alumni PP. Miftahul Huda dengan nama IKA- PP. Miftahul Huda (IKA-PPMH). Semoga IKA-PPMH dapat menjadi wadah yang mampu menjadikan komunikasi antar alumni menjadi lebih baik, terlebih dengan kemajuan teknologi informasi saat ini wadah IKA-PPMH ini dapat diakses oleh segenap alumni meskipun dengan jarak yang berjauhan melalui media website.

Sejarah IKA-PPMH

Munculnya ide berdirinya IKA-PPMH disebabkan karena keinginan sekelompok santri untuk menghimpun para alumni PP. Miftahul Huda Gading Kasri Malang yang tersebar diseluruh tanah air pada umumnya dan di Jawa Timur khususnya. Dengan terhimpunnya sekian ribu alumni PPMH tersebut sangat memungkinkan terwujudnya manfaat yang amat banyak baik bagi alumni itu sendiri, PPMH, maupun ummat Islam. Munculnya aliran-aliran dalam Islam dimana-mana juga mengharuskan terbentuknya wadah bagi para alumni. Melalui wadah tersebut diharapkan akan mudah mempertahankan diri dari setiap usaha yang merusak aqidah Ahli Sunnah wal Jama’ah yang selama ini dianut oleh para salafus sholeh, dan tentunya juga oleh para alumni.

IKAMADA, Cikal Bakal IKA-PPMH

IKAMADA adalh cikal bakal dari IKA-PPMH, IKAMADA secara resmi didirikan pada tanggal 20 Januari 1985. Pendirian IKAMADA tersebut setelah mendapatkan persetujuan dari dewan pengasuh PPMH pada tanggal 13 Januari 1985. Sama dengan IKA-PPMH, IKAMADA pada dasarnya bertujuan untuk menghimpun para alumni PPMH dalam suatu wadah organisasi, agar dapat berkomunikasi dengan baik.

Dalam kepengurusan IKAMADA diangkatlah pengurus ini sejumlah 5 orang. Pengurus IKAMADA pada periode tersebut (1985-1988) adalah sebagai berikut: Ketua: Tauhid Effendi, BA,Wakil Ketua: Mas’ud Hasan, BA, Sekretaris: Drs. M. Ali Arifin, Wakil Sekretaris: Drs. Taufiq Rahman, Bendahara: Abdul Mukti. Selain pengurus inti juga dibuat coordinator-koordinator lainnya.

Kepengurusan IKAMADA periode I berjalan selama dua tahun, dan reformasi pengurus IKAMADA baru dilaksanakan hari Sabtu, 11 Juni 1988 bertepatan dengan malam Haul XVII Al-Marhumain KH. M. Yahya dan K. A. Dimyati Ayatullah Yahya. Pada reformasi ini terpilih pengurus pusat IKAMADA yang baru, yaitu Ketua I: Drs. MK. Burhanul Arifin, Ketua II: Drs. Mas’ud Hasan,Sekretaris I: Abdul Hayyi, Sekretaris II: Abdul Kholiq Muslim, SH, Bendahara I: Hasan Bisri M,Bendahara II: Yahman Mustofa. Dan pada kepengurusan inilah IKAMADA diganti menjadi IKA-PPMH. Selain itu Anggaran Dasar (AD) organisasi juga telah disahkan.

IKA-PPMH saat ini 2012

Seiring dengan berjalannya waktu, kepengurusan IKA-PPMH pun turut berganti. Untuk tahun 2012 ini, IKA-PPMH berada dalam kepengurusan

Ketua I : KH. Syafi’ Naim
Sekretaris I : Drs. M. Muhsin., M. Ag
Bendahara I : H. Abdul Hayyi., S.Pd
Share Button