Selasa, 27 Nov 2018, 23:55 WIB

Posisi Tidur yang Baik Sesuai Kondisi Tubuh

Posisi Tidur yang Baik Sesuai Kondisi Tubuh
Tidur Miring ke Kanan (Ilustrasi)

Tidur adalah suatu keadaan seseorang tanpa sadar yang penuh ketenangan dimana presepsi dan reaksi seseorang menurun dan atau hilang. Dalam keadaan tidur seseorang dapat dibangunkan cukup dengan memberikan rangsangan ataupun sentuhan. Disadari maupun tidak, tidur ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh, diantaranya: untuk menjaga keseimbangan mental, emosional, kesehatan, mengurangi stres, dan banyak lagi manfaat lainnya.

Selama tidur seseorang mengalami perubahan-perubahan pada sistem kinerja tubuh, antara lain:

  1. Penurunan tekanan darah, denyut nadi.
  2. Diletasi pembuluh darah perifer.
  3. Kadang-kadang terjadi penigkatan aktivitas traktus gastrointestinal.
  4. Relaksasi otot-otot.
  5. Basal metabolisme rate menurun 10-30%.
  6. Gerakan tubuh menurun secara drastis.

Posisi tidur yang baik ialah tidur yang sesuai dengan kondisi tubuh pribadi masing-masing. Jika seseorang tidur dalam posisi yang tidak baik, akan muncul masalah gangguan kesehatan. Contoh mudah yaitu saat anda bangun tidur dan merasa pegal-pegal maka dapat dipastikan anda tidur dalam posisi yang salah. Mengetahui jenis posisi tidur terbaik untuk kesehatan bertujuan untuk menghindari rasa sakit yang dialami tubuh saat terbangun juga untuk menjaga kebugaran tubuh seseorang. Umumnya terjadi perubahan posisi dalam tidur sebanyak 3 sampai 30 kali dalam satu malam. Ini merupkan hal yang wajar dan bahkan, tidur dalam posisi tetap bisa menyebabkan masalah kesehatan tubuh. Posisi tidur yang baik harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang. Berikut adalah beberapa posisi tidur yang baik.

  • Agar tidak mendengkur saat tidur.
    Posisi tidur yang baik adalah miring ke kanan. Posisi tidur miring akan membuka saluran nafas dan bisa mengurangi dengkuran.
    Sebaiknya hindari posisi tidur dengan cara terlentang sebab akan menyebabkan penyempitan di tenggorokan dan mengakibatkan susah bernafas. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi anda yang suka tidur mendengkur.
     
  • Penderita sakit punggung.
    Posisi yang baik bagi penderita sakit punggung ini adalah terlentang, penderita harus menjaga posisi badan agar tetap lurus mendatar. Sebaiknya juga gunakan kasur khusus yang lebih empuk untuk menghindari sakit lebih parah.
     
  • Penderita asam lambung.
    Untuk penderita asam lambung ini sebaiknya miring ke satu sisi saja, jangan berpindah-pindah posisi miringnya, untuk mencegah asam lambung agar tidak naik ke tenggorokan.
     
  • Posisi tidur ibu hamil.
    Ibu yang sedang hamil disarankan agar tidur dengan miring pada sisi kiri. tujuannya agar asupan darah serta nutrisi bisa sampai ke bayi yang sedang dikandung.

(dr. Oz Indonesia)

Rasulullah SAW sebagai Nabi akhirus zaman, beliau juga memberikan suri tauladan yang baik terhadap adab-adab tidur. Rasulullah SAW, apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya. (HR. Abu Dawud No. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350). Juga dengan posisi badan miring ke kanan. Tidur dengan posisi miring ke kanan dapat melancarkan aliran darah dari bilik jantung sebelah kiri yang posisinya menjadi lebih tinggi ke seluruh tubuh kecuali pembuluh Aorta. Sehingga darahpun akan dengan mudah mengalir ke seluruh tubuh. Selain itu tidur tanpa menggunakan bantal dapat mencegah penyakit leher.

Rasulullah SAW juga bersabda “apabila kalian tidur, maka padamkanlah lampu-lampu kalian. Sebab setan-setan berkeliaran seperti tikus dan menabrak (lampu-lampu kalian) sehingga kalian terbakar. (HR. Ibnu Hibban)

Mengingat fadhilah dan hikmah tidur  yang sangat baik untuk kesehatan, hendaknya kita sebagai umat Beliau ikut serta meneladani secuil kebiasaan-kebiasaan yang Beliau contohkan kepada kita.

Baca Juga: Sunnah Rasulullah: Tidur Miring Menghadap ke Kanan (ditinjau dari kesehatan)

Manfaat Tidur