Ahad, 02 Des 2018, 07:34 WIB

Tata Cara Bersiwak yang Paling Utama

Tata Cara Bersiwak yang Paling Utama
Kayu Siwak/ Miswak (Dok. PPMH).

Segala sesuatu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pasti ada trik tersendiri. Begitu juga dalam hal bersiwak, tidak luput dari tatacara. Bagaimana cara menggunakan siwak yang lebih utama ?

Bersiwak yang paling utama adalah siwak dipegang dengan tangan kanan, kemudian diletakkan di atas ibu jari dan jari kelingking. Sedangkan, untuk tiga jari yang lain berada di atas siwak.

Bersiwak dimulai dari mulut bagian kanan dengan menggunakannya secara merata mulai gigi geraham atas berikut gusinya, luar maupun dalam, sampai gigi depan. Lalu pada gigi geraham bawah sampai gigi depan, berikut gusinya, luar maupun dalam. Baru kemudian melanjutkan pada mulut bagian kiri, dimulai dari gigi geraham atas sampai gigi depan berikut gusinya, luar maupun dalam. Lalu gigi geraham bawahnya sampai gigi depan berikut gusinya, luar maupun dalam.

Baru kemudian menggosokkan siwak pada lidah secara memanjang (ke arah depan-belakang), lalu kemudian pada bagian langit-langit atas mulut dengan gosokan yang halus.

الشيخ إبراهيم البيجري الجزء ا صحى: 44-45 مكتبة الكتب العلمية

وان يستاك بيمينه ويبدأ بالجانب الأيمن من فمه وأن يمره على سقف حلقه إمرارا لطيفا وعلى كرسي أضراسه ( قوله وأن يستاك بيمنيه) أي لأنها للتكرمة وليست مباشرة للقدروبهذا فارق الا ستنجاءونحوه ويسن أن يجعل الخنصر من أسفله والبنصر والوسطى والسبابة فوقه والإبهام أسفل رأسه ثم يضعه بعد أن يستاك خلف أذنه اليسرى لخبر فيه واقتداء بالصحابة - إلي أن قال – ( قوله ويبدأ بالجانب الأيمن من فمه ) أي إلى نصفه ويثني بالجانب الأيسر إلى نصفه أيضا من داخل الأسنان وخارجها ( قوله وأن يمره على سقف فمه ) أي بعد إمراره على كراسي أضراسه طولا وعرضا على بقية أسنانه عرضا وعلى لسانه طولا فالشارخ لم يرتب ولم يكمل قوله إمرارا لطيفا أي لا شديدا بحيث لا يتأذى بذلك (قوله وعلى كراسي أضراسه) أي طولا وعرضا وعلى بقية أسنانه عرضا وعلى لسانه طولا لاعرضا فيكره في طول الأسنان وعرض اللسان اهى

فتح العلام الجزء الأول صحى: 314 مكتبة دار السلام

وكيفية الا ستياك المسنونة : أن يبدأ بالجانب الأيمن من فمه، فيستوعبه باستعمال السواك في عرض الأسنان العليا ظهرا وبطنا إلى الوسط ثم السفلى كذلك ، ثم يفعل في الجانب الأيسر كذلك ، ثم يمره على لسانه طولا، ثم على سقف حلقه إمرارا لطيفا.