MMH

Share Button

Sekilas Madrasah Matholiul Huda (MMH)

 

Madrasah Diniyah Salafiyah Matholiul Huda atau biasa disebut Madrasah Matholiul Huda (MMH) merupakan lembaga pendidikan diniyah berbasis salaf yang ada di PP. Miftahul Huda. Lembaga pendidikan ini fokus mengajarkan peserta didik (santri) dalam hal keagamaan (diniyah), sepertifashohah dalam membaca al-Qur’an, fiqh, sejarah Nabi, tajwid, tauhid, nahwu, shorof, tafsir, hadits, ilmu hisab dan masih banyak yang lainnya. Sistem pembelajaran yang digunakan adalah sistem salaf (kitab kuning) yang dipadu dengan metode pembelajaran yang proaktif seperti diskusi, tanya jawab, maupun presentasi.

MMH memiliki tiga tingkatan kelas, tingkatan pertama yaitu kelas Ula (terdiri dari 3 kelas: kelas 2 Ula, 3 Ula, dan 4 Ula) , tingkatan kedua kelas Wustho (terdiri dari 3 kelas: kelas 1 Wustho, 2 Wustho, dan 3 Wustho), dan tingkatan kelas tertinggi adalah kelas Ulya (terdiri dari 3 kelas: kelas 1 Ulya, 2 Ulya, dan 3 Ulya). Materi pembelajaran yang diajarkan kepada peserta didik berlainan untuk setiap tingkatan, semakin tinggi tingkatan kelas maka semakin mendalam materi pembelajaran yang disampaikan. Saat ini MMH memiliki 47 pendidik dengan dibantu 10 staff madrasah (staff kantor MMH). Para pendidik MMH merupakan alumni dari PP. Miftahul Huda yang mengabdikan dirinya guna kepentingan perkembangan dan kemajuan MMH khususnya dan PPMH pada umumnya serta sebagai bentuk ta’dzim mereka kepada Kyai/Masyayikh dan almamater PP. Miftahul Huda. Latar belakang pendidikan formal para pendidik berasal dari berbagai macam Universitas dengan berbagai macam jurusan (pendidikan/murni) dan konsentrasi, sehingga dengan latar belakang pendidikan formal yang dimiliki oleh pendidik akan sangat menunjang dalam proses kegiatan belajar-mengajar khususnya inovasi metode pengajaran.

MMH memiliki satu gedung madrasah dengan tiga lantai, satu kantor madrasah dan satu lab bahasa, dimana untuk setiap lantai terdiri dari tiga sampai empat kelas. Adanya gedung madrasah ini tidak lain diperuntukkan bagi peserta didik sebagai fasilitas penunjang dan sarana pendidikan dengan harapan agar proses kegiatan belajar-mengajar dapat berjalan dengan lancar, nyaman, dan juga kondusif, dengan tujuan akhir peserta didik mampu lebih fokus menerima ilmu dan pengetahuan dari para pendidik. Untuk proses belajar dan mengajar di MMH dilaksanakan setelah selesai sholat isya’ (19.30 – 21.00).

Selain proses belajar-mengajar yang dilaksanakan setelah sholat isya’, staff madrasah MMH juga mencanangkan kegiatan belajar-mengajar berupa lalaran (hafalan) yang dilakukan pada hari Ahad (setiap pekan). Lalaran (hafalan) yang diprogramkan meliputi hafalan surat-surat dalam al-Qur’an dan hafalan nadzom-an nahwu/shorof. Kegiatan ini diwajibkan bagi peserta didik karena juga merupakan bagian dari kurikulum Madrasah Matholiul Huda.

Share Button